PERNYATAAN SIKAP DPW PPNI ACEH

2
2896

Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) melalui Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PPNI Aceh sangat menghargai upaya-upaya yang telah dilakukan pemerintah dan semua pihak dalam menyelamatkan masyarakat dari serangan Virus Corona. DPW PPNI Aceh juga menyadari bahwa saat ini perawat sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan memiliki resiko tertularnya virus ini. Oleh karena itu, DPW PPNI Aceh mengharapkan kepada Plt. Gubernur Aceh, Bupati/ Walikota se-Provinsi Aceh agar memberi perhatian penuh terhadap perawat dan petugas kesehaan lainnya yang bertugas melayani masyarakat yang diduga terinfeksi Covid-19 (ODP) atau Pasien Terinfeksi Covid-19 (PDP). Alat Pelindung Diri (APD) yang terstandar merupakan hak perawat dan tenaga kesehatan lainnya yang harus diberikan dalam memberi pelayanan kesehatan.

Selain APD, Pemerintah juga diharapkan menyediakan Rapid Test untuk pemeriksaan kesehatan kepada perawat dan tenaga kesehatan lainnya secara rutin guna menjamin keamanan dan keselamatan mereka. Tidak hanya itu, kepada semua instansi yang menyelenggarakan layanan kesehatan bagi ODP dan PDP Covid-19, diharapkan melakukan penyegaran (pergantian dinas) yang memadai, serta secara rutin memberi mereka suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas tubuh) sehingga tidak mudah terinfeksi Covid-19. Bagi perawat dan petugas kesehatan yang kemudian teridentifikasi terinfeksi atau diduga terifensi Covid-19, Pemerintah wajib menyediakan rumah yang layak dan kebutuhan hidup yang memadai selama proses isoasi.

DWP PPNI Aceh sebagai induk organisasi perawat Aceh juga mengharapkan kepada Pemerintah untuk memberikan insentif yang layak kepada perawat dan petugas kesehatan lainnya yang bertugas melayani pasien ODP dan PDP Covid-19, terlebih lagi perawat honor, kontrak atau bakti sebagai penyemangat mereka dalam memberikan pelayanan maksimal (Surat Pernyataan lengkap dapat dibaca dibawah).

Akhirnya DPW PPNI Aceh sangat percaya bahwa Pemerintah Aceh dan Kabupaten/ Kota se-Aceh telah melakukan langkah-langkah strategis untuk melindungi masyarakat, terlebih lagi petugas kesehatan dari wabah Covid-19. Kepada Allah SWT kita berharap dan berdo’a, semoga apa yang kita kerjakan hari ini akan menjadi kenagangan manis bagi anak cucu kita nanti. Petugas kesehatan adalah pahlawan bangsa yang sedang berperang melawan Corona. Dalam perang doa dan persenjataan adalah modal meraih kemenangan.

Tetap semangat, Bravo Perawat dan Tenaga Kesehatan Aceh. Andil kalian saat ini merupakan cahaya penerang bagi Bangsa Aceh.

2 COMMENTS

    • Tentu, PPNI memperjuangkan untuk semunya. Kita juga bekerjasama dengan IDI dalam upaya meningkatkan perhatian pemerintah terhadap tenaga kesehatan.

LEAVE A REPLY